Listening Team ( Tim Pendengar ) - 101 Pembelajaran Aktif,

July 20, 2011

Pada posting sebelumnya tentang 101 Pembelajaran Aktif, mengenai Teknik Membangkitkan rasa ingin tahu ( Inquering Minds What To Know) , kali ini admin akan membahas mengenai teknik pembelajaran yang lainnya , yaitu "Listening Team ( Tim Pendengan )" . Teknik ini juga termasuk kedalam bentuk pembelajaran Full Class Learning. Pada dasarnya, kegiatan atau teknik ini adalah sebuah caya yang dapat membantu peserta didik agar tetap terfokus dan siap siaga dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi. Dalam kegiatan ini, Listening Team membentuk kelompok-kelompok kecil yang bertanggung jawab menjelaskan materi pembelajaran, hampir sama dengan Model Jigsaw , namun dalam Listening Team disini tidak ada pertukaran anggota tim.

Berikut ini adalah prosedur proses pembelajaran dari Listening Team :



1. Bagi seluruh peserta didik menjadi minimal 4 Tim. Masing-masing tim mempunyai peran dan tugas masing-masing, tugas ini akan dijalankan ketiga guru selesai memberikan ceramah. Sebenarnya teknik kali ini adalah mengubah sedikit dari metode Ceramah dan Tanya jawab. berikut tugas dan perannya :

  • Penanya, Tugasnya : Setelah pelajaran yang umumnya dipenuhi oleh kegiatan Ceramah, paling tidak penanya menyuguhkan 2 pertanyaan tentang apa yang baru saja mereka dengarkan.
  • Orang Yang Setuju : Tugasnya : Menanyakan poin-poin mana yang mereka sepakati. ( seluruh anggota tim "Orang yang Setuju" ini harus memang benar-benar setuju terhadap poin yang akan mereka utarakan. Dan juga mereka harus mengutakan alasan "mengapa kami setuju"
  • Orang Yang Tidak Setuju : Tugasnya : Sama tugasnya dengan tim "Orang Yang Setuju", hanya saja terhadap poin yang tidak mereka setujui.
  • Pemberi Contoh , tugasnya : memberikan contoh-contoh khusus atau aplikasi dari materi yang telah di ceramahakan oleh guru

2. Sampaikan pelajaran anda menggunakan metode yang anda inginkan, silahkan lihat disini ( Penggolongan dan Jenis Model berorientasi PAKEM ), untuk mengetahui metode apa saja yang dapat digunakan di dalam kelas. Setelah selesai beri waktu Tim untuk menyelesaikan tugas mereka masing - masing.

3. Mintalah peserta didik untuk melakukan hal sesuai dengan tugasnya tersebut, tim penanya bertanya, begitu juga tim yang lainnya. Berikan tanggapan anda, dengan terlebih dahulu menanyakan tanggapa tim yang lainnya. Ini akan memacu proses interaksi kelas anda.

Variasi Kegiatan :

Buatlah peran-peran yang lainnya, atau buat nama kelompok yang unik untuk setiap peran mereka. Tantanglah peserta didik untuk bertukar fungsi secara mendadak setelah anda menyelesaikan kegiatan diatas.
Semoga Bermanfaat . ..


Posting Selanjutnya :
1. Guide Note - Taking ( Membuat Catatan Terbimbing )
2. Lecture Bingo ( Memberi Ala Bingo )

Previous
Next Post »
0 Komentar

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.