Komponen - Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

December 15, 2010

Kualitas sebuah perencanaan mencerminkan tingkat kesiapan guru dalam mengajar. Dalam Kurikulum 2006, persiapan mengajar ini dinamakan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Keberadaan RPP berfungsi sebagai pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran, baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu kompetensi dasar.

Anda juga tahu bahwa RPP merupakan salah satu dari komponen KTSP di samping: visi, misi, dan tujuan pendidikan, struktur dan muatan, kalender pendidikan, dan silabus. Di dalam RPP terkandung skenario tentang langkah-langkah pembelajaran, media dan sumber belajar, serta bentuk-bentuk instrumen penilaian yang dipergunakan. Meskipun demikian penyusunan RPP perlu dirancang sesederhana dan sepraktis mungkin, sehingga prosesnya tidak memakan waktu yang cukup banyak Secara lengkap dalam RPP harus memuat standar kompetensi yang memayungi kompetensi dasar yang akan disusun dalam RPP. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat indikator pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian.

Di dalam RPP terdapat sejumlah komponen yang satu sama lain saling berhubungan erat sehingga membentuk sebuah sistem. Kerancuan isi atau ketertinggalan sebuah komponen akan mengakibatkan ketergangguan hubungan antarkomponen dalam RPP. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan ke dalam silabus. Lingkup RPP paling sedikit mencakup satu kompetensi dasar dengan satu indikator atau lebih.
Mengapa Rencana Pembelajaran harus disusun oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran?

Anda tahu bahwa keberhasilan dari suatu kegiatan sangat ditentukan oleh perencanaannya. Apabila perencanaan suatu kegiatan disusun dengan baik, maka kegiatan akan lebih mudah dilaksanakan, terarah, serta terkendali. Dengan demikian, merupakan keharusan bagi guru untuk membuat perencanaan pembelajaran agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan membuat RPP, guru akan terhindar dari kesalahan langkah pembelajaran, karena dalam perencanaan ditetapkan langkah dan strategi yang tepat, berbagai alat dan fasilitas yang diperlukan, dan juga penilaiann yang akan digunakan. Dengan kata lain, RPP merupakan acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih terarah, efisien, dan efktif, dalam mencapai tujuan. Saudara, sebelum mempelajari komponen RPP, perlu Anda cermati bahwa RPP sebenarnya memuat pertanyaan antara lain: (1) Apa yang akan dibelajarkan? (2) Bagaimana cara membelajarkannya? (3) Dengan apa dibelajarkan (media dan materi)? (4) Bagaimana cara memenuhi target pencapaian hasil belajarnya? Berdasarkan keempat pertanyaan itu sebenarnya Anda telah dapat menetapkan komponen RPP.
Komponen apa saja yang harus ada dalam RPP? Selanjutnya, bandingkan jawaban Anda dengan komponen silabus! Apa bedanya komponen silabus dengan RPP? Kalau demikian, apa perbedaan silabus dengan RPP?

Komponen yang harus ada dalam silabus adalah identifikasi, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, pengalaman belajar, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat. Lalu, bagaimana dengan komponen RPP? Apabila Anda perhatikan empat pertanyaan pokok RPP di awal uraian ini, maka komponen RPP adalah: (1) tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator dalam silabus), (2) materi , (3) skenario pembelajaran (rangkaian kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan dengan metode pengajaran), (4) sumber belajar/media, dan (5) penilaian (proses dan hasil). Kalau kita perhatikan, tampaknya tak ada perbedaan komponen silabus dengan RPP. Keduanya memiliki komponen yang sama. Kalau demikian, samakah silabus dan RPP? Untuk memperjelas komponen di atas, cobalah Anda perhatikan contoh RPP dan silabus berikut.
Contoh 1 (RPP Tematik)




Contoh 2 (RPP Mata Pelajaran)


Lampiran 2.
RUBRIK PENILAIAN MENGGAMBAR KUBUS DAN BALOK
(Klik di sheet 1 )



Contoh 3 (RPP Mata Pelajaran/Matrik)
(Klik di sheet 2)


SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : 4(empat)
Aspek : Bilangan
Semester : 1 (satu)
Tahun Pelajaran :
Standar kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Melakukan dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
Melakukan dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

(Klik di sheet 3 )


Saudara, dari ketiga contoh RPP dan silabus di atas, Anda dapat memperhatikan komponen-komponen RPP, juga perbedaan RPP mata pelajaran dan RPP tematik. Ternyata komponen tidak terlalu berbeda dengan komponen silabus, karena memang RPP merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah dirumuskan dalam silabus. Hanya saja RPP merupakan rencana atau program yang disusun oleh guru untuk satu atau dua pertemuan, sedangkan silabus merupakan perencanaan pembelajaran dalam satu semester. Perbedaan silabus dan RPP terletak pada skenario pembelajaran. Dalam RPP dirinci dari kegiatan awal, kegiatan inti, hingga kegiatan akhir, sedangkan dalam silabus, skenario pembelajaran tidak perlu dirinci.

Dilihat dari formatnya, RPP dapat dibuat dalam bentuk tabel atau narasi. Artinya, tidak ada keharusan untuk menggunakan format RPP tertentu. Anda bahkan dapat membuat RPP dengan format yang dirancang sendiri, sepanjang komponennya lengkap dan terpahami. Untuk memberi gambaran contoh di bawah ini akan diberikan satu lagi format RPP yang cukup simpel. Berikut komponen utama dari RPP :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Unit : …
Mata Pelajaran : …
Kelas/Semester : …

Kompetensi Dasar : 1.

Alokasi Waktu : …

PERTEMUAN 1:

I. Indokator
II. Tujuan Pembelajaran
III Materi Ajar : …
IV. Metode Pembelajaran: …
V. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal: … b. Kegiatan Inti: … c. Kegiatan Akhir: …
VI. Alat/Bahan/Sumber Belajar: …
VII. Penilaian: …

Selain komponen di atas, diharapkan guru membuat kelengkapan RPP agar pembelajaran lebih maksimal. Kelengkapan RPP itu adalah:
a. lembar kerja siswa; b. penjabaran materi pokok/analisis konsep esensial; c. perincian sumber/bahan/alat dan media pembelajaran; serta d. instrumen penilaian berbasis kelas.

Demikian paparan singkat mengenai RPP, .
Semoga bermanfaat...
Amin..............



Previous
Next Post »
0 Komentar

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.