MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT

January 10, 2010
Model pembelajaran kooperatif mengandung pengertian sebagai suatu sikap atau perilaku bersama dalam kerja atau membantu diantara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih dimana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri. Pola hubungan kerja seperti itu, memungkinkan timbulnya persepsi yang positif tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk keberhasilannya, berdasarkan kemampuan dirinya sebagai individu atau peran serta anggota lainnya selama mereka belajar secara bersama-sama dalam kelompok. Model pembelajaran kooperatif memandang bahwa keberhasilan dalam belajar bukan semata-mata harus diperoleh dari guru, melainkan juga dari pihak lain yang terlibat dalam pembelajaran yaitu teman sebaya. Dalam pembelajaran kooperatif, para siswa dilatih untuk dapat kerja sama dan mengakui perbedaan pendapat dengan orang lain, sedangkan cooperative script adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.

Setiap model pembelajaran mempunyai berbagai kelebihan dan kekurangan, kelebihan dari model pembelajaran cooperative script adalah: (1) melatih pendengaran, ketelitian/kecermatan, (2) setiap siswa mendapat peran, (3) melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan. Sedangkan kekurangan dari metode cooperative script adalah (1) hanya digunakan untuk mata pelajaran tertentu, (2) hanya dilakukan dua orang (tidak melibatkan seluruh kelas sehingga koreksinya hanya sebatas pada dua orang tersebut). Dengan demikian siswa harus memiliki keaktifan pada saat proses pembelajaran

Langkah Model Pembelajaran COOPERATIVE SCRIPT :

Skrip kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari.

Langkah-langkah :

  1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
  2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
  4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.

Sementara pendengar :

  1. Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
  2. Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  3. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
  4. Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
  5. Penutup
Demikian, semoga bermanfaat.......

Tag :
Artikel Pendidikan Strategi Pembelajaran model pembelajaran IPTEK Info Pendidikan Downloads Trik Sukses Mengajar Kisah Religi Kumpulan Kisah-kisah Keteladanan World News and Science Media Pembelajaran Religi Download RPP dan Silabus KTSP SD Download RPP Kooperatif Download RPP PAKEM Download RPP SD Lengkap Download RPP TEMATIK Download RPP TGT Blogger Review Download PTK Download RPP CTL Media Pembelajaran Flash Science Technology Society Artikel Feature Matematika Perhitungan KKM About Me Acer murah Administrasi Adsense Asuransi Pendidikan BOS Bahan Ajar Belajar Blog Belajar Flash Cara belajar matematika untuk Anak Cari uang di Internet. Contact Us Contoh KTSP Contoh PTK Dana BOS Download KTSP Download Makalah Download kumpulan Soal IPA SMA/MA Gaji Guru Terbesar Gaji Guru Terbesar Di Dunia Gaji guru besar Gayus Hakekat seorang guru Hp murah Iklan Indonesia Java International Destination Indonesia vs malaysia Jumlah Gaji guru Dunia KKM Kata Kerja Operasional Kemampuan Otak Kesulitan belajar membaca dan cara mengatasinya Komputer Terbesar dan Tercepat Korupsi. Kurikulum Lagu Gayus Tambunan Lain-Lain Langkah-langkah Model Pembelajaran Cooperative Script Langkah-langkah Model Pembelajaran Example Non Example Langkah-langkah Model Pembelajaran Picture and Picture Laptop murah Makalah Makalah BNSP Markas LPMP Mata Kuliah Matematika untuk Anak Metode Pembelajaran Ceramah Metode Pembelajaran Diskusi Metode Pembelajaran Membaca Metode Tanya Jawab Model Inkuari Mutu Pendidikan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Pendekatan Pengaruh IPTEK Pengembangan Kurikulum. Pengembangan bahan ajar Pengenalan Adsense Pemula Permainan Sekolah Dasar Petunjuk Pembuatan PTK River Underwater ( Great Place In the World) SOAL UASBN 2009/2010 Silklus Belajar Solusi dampak Iptek Tabungan Pendidikan Tambunan Tukar Link VGA driver Support PES 2010. Video blackbarry murah guru pendidikan di malaysia



Previous
Next Post »
0 Komentar

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.