Model Pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi factor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta dalam ukuran besar. Atau jika di sekolah sudah menggunakan ICT dalam menggunakan Power Point atau software yang lain
Langkah Model Pembelajaran Model Picture and Picture :
Pada langkah ini guru diharapkan untuk menyampai apaka yang menjadi Kompetensi Dasar mata pelajaran yang bersangkutan. Dengan demikian maka siswa dapat mengukur sampai sejauh mana yang harus dikuasainya. Disamping itu guru juga harus menyampaikan indicator-indikator ketercapaian KD, sehingga sampai dimana KKM yang telah ditetapkan dapat dicapai oleh peserta didik.
2. Menyajikan materi sebagai pengantar
Penyajian materi sebagai pengantar sesuatu yang sangat penting, dari sini guru memberikan momentum permulaan pembelajaran. Kesuksesan dalam proses pembelajaran dapat dimulai dari sini. Karena guru dapat memberikan motivasi yang menarik perhatian siswa yang selama ini belum siap. Dengan motivasi dan teknik yang baik dalam pemberian materi akan menarik minat siswa untuk belajar lebih jauh tentang materi yang dipelajari.
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
Dalam proses penyajian materi, guru mengajar siswa ikut terlibat aktif  dalam proses pembelajaran dengan mengamati setiap gambar yang ditunjukan  oleh guru atau oleh temannya. Dalam pembelajaran bahasa Inggris atau  bahasa Indonesia siswa dapat mencerikan kronologi, jalan cerita atau  maksud dari gambar yang ditunjukan. Dalam Pelajaran Matematika dapat  digambarkan tentang kubus, segitiga atau lainnya dari sini dapat  digambarkan mengenai diagonal, diagonal ruang, tinggi atau luas bidang. Dalam pelajaran IPS dapat ditunjukan bagaimana dengan proses  terjadinya batuan. Ingatlah bahwa JIKA DAPAT DI VISUALKAN kenapa harus  pakai kata-kata. Dengan Picture atau gambar kita akan menghemat energi  kita dan siswa akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Dalam perkembangakan selanjutnya sebagai guru Anda dapat memodifikasikan  gambar atau mengganti gambar dengan video atau demontrasi yang kegiatan  tertentu seperti membuat kopi, menggoreng tempe dan sebagainya.
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
Di langkah ini guru harus dapat melakukan inovasi,  karena penunjukan  secara langsung kadang kurang efektif dan siswa merasa terhukum. Salah  satu cara adalah dengan undian, sehingga siswa merasa memang harus  menjalankan tugas yang harus diberikan. Gambar-gambar yang sudah ada diminta oleh siswa untuk diurutan, dibuat,  atau dimodifikasi. Jika menyusunan bagaiaman susunananya. Jika  melengkapi gambar mana gambar atau bentuknya, panjangnya, tingginya atau  sudutnya. Perlu di ingat uratan dalam pembuatan harus benar sebagai contoh dalam  matematikan untuk menggambar diagonal ruang adalah langkah yang harus  dilakukan dengan benar sampai ditemukan diagonal ruangnya. Untuk menceritakan gambar  dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia ada urutan-urutan yang harus dilakukan.
5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
Setelah itu ajaklah siswa menemukan rumus, tinggi, jalan cerita, atau  tuntutan KD dengan indicator yang akan dicapai. Usahakan agar proses diskusi berlangsung dengan tertib dan terkendali, ingat disini adalah Diskusi, bukan debat, jadi guru harus mampu mengendalikan situasi yang terjadi sebagai moderator utamanya dengan memberika sedikit  penjelasan  jika terdapat kendala dalam diskusi  sehingga proses diskusi dalam PBM semakin menarik.
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
Dalam proses diskusi dan pembacaan gambar ini guru harus memberikan  penekanan-penekanan pada hal ini dicapai dengan meminta siswa lain untuk  mengulangi, menuliskan atau bentuk lain dengan tujuan siswa mengetahui  bahwa hal tersebut penting dalam pencapaian KD dan indicator yang telah  ditetapkan. Pastikan bahwa siswa telah menguasai indikator yang telah ditetapkan.
7. Kesimpulan/rangkuman
Kesimpulan dan rangkuman dilakukan bersama dengan siswa. Guru membantu dalam proses pembuatan kesimpulan dan rangkuman.
Resource :
http://wyw1d.wordpress.com/
http://sadiman2007.blogspot.com/

salam kenal dolo,,hemm blog nya mantaff nich ka,,,aw aw aw,,kaget euy,,sama2 anak PGSD BJM juga,,,tp saia angkatan 2007 (^o^)
ReplyDeletetapi berat buanget kaka,,,hiksss,,perlu waktu yang lama,,klo mo cepetkan jd ribet :(
tp thanks yua....
Berat apanya yu lah mba eva??? loadingnya ya ?? Accelerator scriptnya cuma berfungsi di safari sma IE, jdi kalo pke mozilla ya agak lambat sich, tpi tergantung koneksinya jua, coba di warnet, cepet to, dah kaka cobai pank..
ReplyDeleteYapz, salam kenal....