Pentingkah Gaya Belajar Siswa ?

November 26, 2012


Kemampuan setiap orang dalam memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya. Ada yang cepat, sedang dan ada pula yang sangat lambat. Karenanya, mereka seringkali harus menempuh cara berbeda untuk bisa memahami sebuah informasi atau pelajaran yang sama. Sebagian siswa lebih suka jika belajar dengan cara membaca dari hasil tulisan guru di papan tulis. Tapi, sebagian siswa lain lebih suka menerima materi pelajaran dengan cara guru menyampaikannya secara lisan dan mereka mendengarkan untuk bisa memahaminya. Sementara itu, tidak sedikit siswa yang mempunyai model belajar dengan menempatkan guru tak ubahnya seorang penceramah. 


 
Guru diharapkan bercerita panjang lebar tentang beragam teori dengan segudang ilustrasinya, sementara para siswa mendengarkan sambil menggambarkan isi ceramah itu dalam bentuk yang hanya mereka pahami sendiri. Apa pun cara yang dipilih, gaya belajar menunjukkan mekanisme setiap individu menyerap sebuah informasi dari luar dirinya. Karenanya, jika guru bisa memahami perbedaan gaya belajar setiap orang dan memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswanya akan memberikan hasil yang optimal bagi siswanya (Deporter dan Hernacki dalam www.sscbandung.net ) Ada beberapa pendapat mengenai definisi gaya belajar. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1999:297), “Gaya adalah sikap atau cara yang khusus”. Dari definisi ini, maka gaya belajar adalah sikap atau cara yang khusus dalam belajar. Seperti yang dikemukakan oleh Winkel (1996:147), “Gaya belajar merupakan cara belajar yang khas bagi siswa”

Sedangkan Nasution (2000:94) menyatakan bahwa “Gaya belajar adalah cara yang konsisten dilakukan oleh seorang siswa dalam menangkap stimulus dan informasi, cara mengingat, berpikir dan memecahkan soal”.

Gaya belajar ini berkaitan dengan pribadi seseorang yang tentu dipengaruhi oleh pendidikan dan riwayat perkembangannya. Bob Samples (2002: 74) berpendapat bahwa “Gaya belajar adalah kebiasaan yang mencerminkan cara kita memperlakukan pengalaman yang kita peroleh melalui modalitas”. Sedangkan Deporter dan Hernacki (2000:110) mengatakan bahwa “Gaya belajar merupakan kombinasi dari bagaimana ia menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi”. 

Dari pengertian–pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa gaya belajar adalah cara belajar yang khas yang merupakan kombinasi dari bagaimana siswa menyerap dan mengatur serta mengolah informasi. Sriyono (1992:4) menggolongkan gaya belajar berdasarkan cara menerima informasi ke dalam 4 tipe, yaitu tipe mendengarkan, tipe penglihatan, tipe merasakan, dan tipe motorik. 

Sedangkan Deporter dan Hernacki (2000:112–113) menggolongkan gaya belajar berdasarkan cara menerima informasi dengan mudah ke dalam 3 tipe, yaitu gaya belajar tipe visual, gaya belajar tipe auditorial, dan gaya belajar tipe kinestetik. Sejalan dengan Bobbi dan Mike, Dryden dan Vos (2001:347) juga menggolongkan gaya belajar berdasarkan cara mudah menyerap informasi ke dalam 3 tipe, yaitu gaya belajar tipe visual, gaya belajar tipe auditorial, dan gaya belajar tipe kinestetik. Sehingga, sesuai dengan pembagian tipe gaya belajar, orang dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam, yaitu orang bertipe auditorial, visual, dan kinestetik. 

Thomas Amstrong dalam Maya A. Pujiati memilah gaya belajar setiap orang menjadi tiga: visual, auditorial, dan kinestetik (haptik). Mereka yang bergaya belajar visual sangat peka dengan gambar dan sesuatu yang menarik indera penglihatan lainnya. Oleh karena itu, orang bertipe visual akan sangat terbantu belajarnya jika kita banyak mempergunakan gambar atau video. Adapun mereka yang bertipe auditorial, akan sangat tertarik dengan stimulasi yang memancing indra pendengaran: mungkin lagu atau musik/irama. Suara mereka biasanya nyaring dan senang berceloteh. Oleh karena itu, sangat baik bagi orang auditorial untuk memperoleh bantuan berupa kaset berisi lagu atau katakata berirama, dongeng, dan alat-alat stimulasi pendengaran lainnya. Terakhir adalah gaya belajar kinestetik (haptik). Orang kinestetik sangat suka bergerak, dan cara mereka belajar memang membutuhkan unsur gerak fisik. Mereka akan tersiksa jika dipaksa untuk duduk diam saat belajar. Namun, gaya belajar yang satu ini memang masih sulit diterima di sekolah formal yang pasti klasikal (terdiri atas banyak anak di dalam kelas). Biasanya, guru yang tidak mengerti akan memberikan label “nakal” atau “pengganggu” pada mereka. 

Menurut Howard Gardner gaya belajar dapat dikarakteristik menjadi gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik. 
Auditorial 
Orang yang memiliki gaya belajar auditorial, belajar dengan mengandalkan pendengaran untuk bisa memahami sekaligus mengingatnya. Karakteristik model belajar ini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utama untuk menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, untuk bisa mengingat dan memahami informasi tertentu, yang bersangkutan haruslah mendengarnya lebih dulu. Mereka yang memiliki gaya belajar ini umumnya susah menyerap secara langsung informasi dalam bentuk tulisan, selain memiliki kesulitan menulis ataupun membaca. 

Beberapa ciri seorang auditorial menurut Howard Gardner antara lain : 
1) Mampu mengingat dengan baik materi yang didiskusikan dalam kelompok. 
2) Mengenal banyak sekali lagu / iklan TV. 
3) Suka berbicara. 
4) Pada umumnya bukanlah pembaca yang baik. 
5) Kurang dapat mengingat dengan baik apa yang baru saja dibacanya. 
6) Kurang baik dalam mengerjakan tugas mengarang/menulis. 
7) Kurang memperhatikan hal-hal baru dalam lingkungan sekitarnya. · 

Visual 
Orang yang memiliki gaya belajar visual, belajar dengan menitikberatkan ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham. Ciri-ciri orang yang memiliki gaya belajar visual adalah kebutuhan yang tinggi untuk melihat dan menangkap informasi secara visual sebelum mereka memahaminya. Konkretnya, yang bersangkutan lebih mudah menangkap pelajaran lewat materi bergambar. Selain itu, mereka memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna, disamping mempunyai pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik. Hanya saja biasanya mereka memiliki kendala untuk berdialog secara langsung karena terlalu reaktif terhadap suara, sehingga sulit mengikuti anjuran secara lisan dan sering salah menginterpretasikan kata atau ucapan. 

Beberapa karakteristik visual menurut Howard Gardner adalah : 
1) Senantiasa melihat, memperhatikan gerak bibir seseorang yang berbicara kepadanya. 
2) Cenderung menggunakan gerakan tubuh saat mengungkapkan sesuatu. 
3) Kurang menyukai berbicara di depan kelompok, dan kurang menyukai untuk mendengarkan orang lain. 
4) Biasanya tidak dapat mengingat informasi yang diberikan secara lisan. 
5) Lebih menyukai peragaan daripada penjelasan lisan. 
6) Biasanya orang yang visual dapat duduk tenang di tengah situasi yang ribut/ramai tanpa merasa terganggu. 

Kinestetik 
Orang yang memiliki gaya belajar kinestetik mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar ia bisa mengingatnya. Tentu saja ada beberapa karakteristik model belajar seperti ini yang tak semua orang bisa melakukannya. Karakter pertama adalah menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama agar bisa terus mengingatnya. Hanya dengan memegangnya saja, seseorang yang memiliki gaya belajar ini bisa menyerap informasi tanpa harus membaca penjelasannya. Karakter berikutnya dicontohkan sebagai orang yang tak tahan duduk manis berlama-lama mendengarkan penyampaian informasi. Tak heran kalau individu yang memiliki gaya belajar ini merasa bisa belajar lebih baik kalau prosesnya disertai kegiatan fisik. Kelebihannya, mereka memiliki kemampuan mengkoordinasikan sebuah tim disamping kemampuan mengendalikan gerak tubuh (athletic ability). Tak jarang, orang yang cenderung memiliki karakter ini lebih mudah menyerap dan memahami informasi dengan cara menjiplak gambar atau kata untuk kemudian belajar mengucapkannya atau memahami fakta. Mereka yang memiliki karakteristik-karakteristik di atas dianjurkan untuk belajar melalui pengalaman dengan menggunakan berbagai model peraga, semisal belajar yang membolehkannya bermain. 

Cara sederhana yang juga bisa ditempuh adalah secara berkala mengalokasikan waktu untuk sejenak beristirahat di tengah waktu belajarnya. Beberapa karakteristiknya menurut Howard Gardner adalah :
1) Suka menyentuh segala sesuatu yang dijumpainya. 
2) Sulit untuk berdiam diri. 
3) Suka mengerjakan segala sesuatu dengan menggunakan tangan. 
4) Biasanya memiliki koordinasi tubuh yang baik. 
5) Suka menggunakan objek yang nyata sebagai alat bantu belajar. 
6) Mempelajari hal-hal yang abstrak merupakan hal yang sangat sulit. 

Deporter dan Hernacki (2000:116–118) mengemukakan bahwa orang yang bertipe visual memiliki ciri-ciri : 1) Perilaku rapi dan teratur. 
2) Teliti terhadap detail. 
3) Mengingat apa yang dilihat daripada apa yang didengar. 
4) Mengingat dengan asosiasi visual. 
5) Lebih suka membaca daripada dibacakan. 
6) Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis.
Sejalan dengan tipe visual, siswa yang memiliki gaya belajar tipe penglihatan dapat menerima informasi dengan baik bila ia melihat langsung (Sriyono,1992:4). Orang yang bertipe auditorial mempunyai ciri – ciri : 1) Mudah terganggu oleh keributan. 
2) Menggerakan bibir ketika membaca. 
3) Senang membaca dengan suara keras dan mendengarkan. 
4) Belajar dengan mendengarkan dan lebih mudah mengingat apa yang didengar daripada yang dilihat. 
5) Suka berbicara, suka berdiskusi, dan menjelaskan sesuatu panjang lebar. 
6) Dapat mengulang kembali dan menirukan nada, birama, dan warna suara. (Deporter dan Hernacki 2000:118) 

Sriyono (1992:4) menyatakan bahwa, “Siswa yang bertipe mendengarkan dapat menerima informasi dengan baik setiap informasi dengan mendengarkan”. Orang yang betipe kinestetik memiliki ciri – ciri : 
1) Selalu berorientasi pada fisik dan banyak gerak. 
2) Belajar melalui manipulasi dan praktek. 
3) Menghafal dengan cara berjalan dan melihat. 
4) Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca. 
5) Tidak dapat duduk diam untuk waktu yang lama. 
6) Menyukai buku – buku yang berorientasi pada alur /isi. 
7) Ingin melakukan segala sesuatu. (Deporter dan Hernacki 2000:118-120) 

Sriyono (1992:4) menyatakan bahwa, “Siswa yang bertipe motorik akan menerima informasi dengan baik bila ia melakukan sendiri secara langsung”. Dryden dan Vos (2001:355) menyatakan bahwa orang yang bertipe visual lebih mudah menyerap informasi jika menggunakan indra penglihatan, orang yang bertipe auditorial memiliki cirri-ciri tidak suka membaca dan lebih suka bertanya untuk mendapatkan informasi, sedangkan orang yang bertipe kinestetik selalu ingin bergerak. Menurut Nurita Putranti gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar siswa. Jika diberikan strategi yang sesuai dengan gaya belajarnya, siswa dapat berkembang dengan lebih baik. Gaya belajar otomatis tergantung dari orang yang belajar. Artinya, setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. 

Sedangkan menurut Meiky bila kita paham gaya belajar kita, boleh jadi kita lebih pintar dari seharusnya. Dengan demikian, perbedaan gaya belajar matematika mengakibatkan perbedaan prestasi belajar siswa. Prestasi matematika siswa juga dipengaruhi oleh gaya belajar siswa. 

DAFTAR PUSTAKADeporter dan Hernacki. 2000. Quantum Learning : Membiasakan Belajar
Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman.
Bandung : Kaifa.

Deporter dan Hernacki. Quantum Teaching. www.sscbandung.net. Diakses pada
tanggal 1 Agustus 2012.

Fuad Hasan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

WS. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Samples, Bob. 2002. Revolusi Belajar untuk Anak. Panduan Belajar Sambil
Bermain untuk Membuka Pikiran Anak Anda. Bandung: Kaifa.

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta : Rineka Cipta.

Drygen, Gordon, Vos, Jeannete. 2001. Revolusi Cara Belajar. Terjemahan Word
++ translation Service. Bandung: Kaifa.

Maya A. Pujiati. Mengamati Gaya Belajar Anak
.http://pustakanilna.com/mengamati-gaya-belajar-anak . Diakses pada
tanggal 20 Mei 2009

Howard Garner. Kenalilah Tipe Gaya Belajar Kita (Learning Style).
http://www.ubb.ac.id/menulengkap.php?judul=Kenalilah Tipe Gaya
Belajar Kita (Learnin Style) & nomorurut_artikel=213. Diakses pada
tanggal 20 Mei 2009
Previous
Next Post »
0 Komentar

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.