Cara Mengganti Password Pendataan Dikdas ( Aplikasi Pendataan)

November 29, 2012
Kita semua tentu telah mengetahui tentang Aplikasi Pendataan Dikdas yang sejak bulan Juli 2012 telah dimulai prosesnya untuk seluruh wilayah Indonesia. Tujuan dari aplikasi ini adalah Untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat, valid, lengkap,dapat dipertanggung jawabkan dan termutakhir guna pengolahan data yang meliputi : Bantuan Operasional BOS, Rehabilitasi Ruang Belajar, Dana Alokasi Khusus dan Umum, Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi,  Subsidi/Tunjangan Guru, dan Sertifikasi serta untuk kepentingan lain yang bersifat menyeluruh untuk komponen dalam satuan pendidikan dasar.

Untuk mengisi data dalam apliklasi ini kita mungkin dihadapkan pada masalah lupa password. Maslahnya untuk pengisian pasword awal, tidak ada confirm password yang memungkinkan aplikasi menferifikasi kesamaan password pertama dengan kedua ( Password dan Confirm password) dari password yang telah disi user. Sebenarnya cara yang paling mudah adalah menginstal ulangnya, namun itu perlu waktu dan terkadang kita ditemui kendala, mungkin saja data hilang karena lupa back up, atau data berubah. Masalah lain yang timbul adalah kita menyerahkan ke admin yang lain ( user lain untuk mengisinya) maka perlu telpon/sms sana sini.

Nah, ada cara yang bisa kita lakukan untuk melihat password aplikasi pendataan, atau mungkin merubahnya sesuai dengan keinginan kita. Mari simak langkah-langkah merecovery / memperbaiki / melihat / mengubah password admin di bawah ini :

  1. Buka folder instalasi "Aplikasi Pendataan". Misalnya saja di C:/Aplikasi Pendataan. Aplikasi Pendataan bersifat portable, jadi anda dapat mengcopy paste lewat flashdis, dan mengklik "Aplikasi Pendataan.exe" untuk mengerjakannya langsung.
  2. Setelah terbuka folder instalasi, maka akan terlihat semua isi dari aplikasi ini. Silahkah klik2x atau buka folder "admin". Klik kanan "admin.db", buka dengan notepad (  pilih select the program from the list. open with :" NotePad",). Atau buka aplikasi "Notepad" dulu di "Star>All Program>Accessories > NotePad ", kemudian tarik kedalam notepad yang telah dibuka ( click and drag)
  3. Untuk memudahkan mencari passwornya, tekan "ctrl+F" pada keyboard anda. ketikkan didalamnya karakter "@" tanpa tanda petik, lalu tekan enter beberapa kali ( 1 - 2 kali). Anda akan menemukan tulisan seperti gambar (klik untuk memperbesar gambar, akan terbuka di tab browser baru)di bawah  ini 
  4. Lihat gambar di bawah ini ! Klik untuk memperbesar gambar, akan terbuka di tab browser baru. Kemudian lihat huruf atau angka yang saya blok, maka itulah passeword Aplikasi pendataan anda, dan di depannya adalah email admin aplikasi pendataan anda. Lihat sekali lagi gambar, biasanya password terletak antara email  dan nama sekolah.
  5. Nah,  tinggal anda ganti sesuka hati email dan passwornya. 
  6. Selesai
Demikianlah, terima kasih, semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin...
Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar atau sms ke nomor admin.
Previous
Next Post »

3 comments

  1. napa..udh dcoba ganti email sm paswordny tp kok gx bisa ya..mohon tunggu..gimana ni aplikasiny gx bisa kbuka

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak informasinya, akan dicoba. semoga berhasil.

    ReplyDelete

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.