Panduan Input Nilai Raport Untuk dapodik jejang SD - Sekolah Dasar

May 16, 2017
Pada aplikasi dapodik versi 2017c, telah ditambahkan menu input nilai rapor untuk jenjang SD. Karena input nilai rapor ini merupakan hal yang baru, banyak teman-teman SD yang masih bingung bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk mulai input nilai rapor. 
Agar tidak terjadi salah paham dan lempar tugas, perlu diketahui terlebih dahulu tugas operator sekolah dan guru mapel dalam hal input nilai rapor.
Tulisan ini saya buat dengan tujuan mempermudah teman-teman mulai dari awal sampai akhir apa saja yang harus dilakukan untuk input nilai rapor. Silahkan disimak baik-baik!
Langkah-langkah input nilai rapor untuk jenjang SD sebagai berikut :
1. Pastikan aplikasi dapodik sudah terinstal versi 2017c


2. Setelah update versi 2017c, silahkan lakukan SINKRONISASI terlebih dahulu!
3. Download dan Generate Prefill Rapor.







4. Buat akun guru mapel. Akun inilah yang nantinya digunakan untuk memasukkan nilai siswa sesuai mapel/kelas yang diajar.

5. Lakukan mapping mata pelajaran di kolom Nilai => Rapor
Aturan mapping mapel sebagai berikut :
  • Urutan mapelnya sesuai dengan urutan mapel yang ada dalam rapor SD mulai dari atas sampai bawah, 
  • Lakukan mapping pada semua kelas dan semua semester.


6. Setelah point 1 sampai dengan 5 di atas dilakukan, langkah selanjutnya adalah guru mapel login menggunakan user akun yang telah didaftarkan oleh operator unuk input nilai rapor.

Tips : Setelah nilai terinput walau belum selesai semuanya, silahkan lakukan SINKRONISASI!  Khusus untuk daerah yang belum memliki koneksi 3G/4G, atau masih menggunakan jaringan EDGE bisa diakali dengan mensincronkan secara berkala, jangan menunggu rampung seluruhnya baru disingkronkan. Hal ini karena beban upload data akan sangat besar sehingga kemungkinan besar terjadi kegagalan ketika sincron.

 Sumber : http://www.dapodikcenter.com

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.