Buku Vs Komputer !!!

October 27, 2011

Aku bertanya pada diriku sendiri apakah aku akan memiliki pilihan yang diajarkan oleh sarana komputer di sekolah, atau buku adalah sarana pilihan terbaik? Aku mendapat jawaban positif yang menegaskan untuk diriku sendiri, pentingnya sebuah buku. Tapi pernahkah kita menanyakan hal ini kepada para siswa hari ini? Apa jawab mereka? Mereka terlihat lebih memilih komputer. Beberapa merasa lebih mudah untuk membaca dari layar daripada sebuah buku yang tebal. Beberapa diantara kita mungkin berpikir bahwa mesin membuat proses membaca lebih bersahabat (user-friendly). Kita lihat fakta yang ada sekarang, masih ada beberapa individu, yang tidak suka membaca dari komputer dan lebih memilih untuk membaca buku. Secara keseluruhan, ada pandangan yang beragam pada topik dan ide dari pengajaran komputer dan mengajar dari buku, masing-masing memiliki alasanya sendiri.

Teknologi adalah kebutuhan hari dan juga sangat diperlukan di mana-mana. Teknologi telah terbukti bermanfaat dalam semua bidang kehidupan. Salah satunya adalah komputer. Komputer telah merevolusi kehidupan orang biasa dan telah membawa perubahan dramatis dalam kehidupan setiap manusia. Lihat dulu sejarah komputer - . Informasi yang tersedia berlimpah di Internet yang dapat dibaca dengan menggunakan sarana komputer. Oleh karena itu seseorang tidak mungkin ingin lepas dari dunia informasi baru ini ketika mereka telah mengenalnnya . Informasi ini termasuk semua aspek pengetahuan. Hal ini berkisar dari fakta-fakta awal dalam ilmu pengetahuan untuk filsafat hidup. Hampir segala sesuatu yang pernah dituliskan kedalam buku-buku sekarang dapat diakses melalui komputer. Segala sesuatu yang telah tercatat dalam sebuha buku kini dapat di baca hanya dengan sekali klik!

Buku teks telah menjadi bagian integral dari pendidikan sejak lama. Dari tahun ke tahun, sekolah melakukan proses belajar mengajar dari buku teks yang telah ditentukan dan menerapkan apa yang dipelajari tersebut, baik untuk tes kelas dan ujian-ujian penting. Spesialisasi selalu tenggelam dalam buku pelajaran dan buku referensi. Sesekali, mengajar komputer juga dilengkapi dengan buku. Tapi hari ini gambaran telah berubah. Kami tidak melihat buku melanda tahun-tahun edukatif. Mengajar komputer memainkan peran utama dalam pendidikan saat ini.

Banyak hal dalam pengajaran dapat dilakukan secara sederhana oleh komputer. Jika informasi bagi siswa dilengkapi dengan antarmuka yang menarik, dapat mengakibatkan korespondensi dari pembaca lebih tinggi. Font ( huruf) yang mempunyai gaya yang berbeda, warna dan ukuran yang disediakan oleh perangkat lunak komputer memungkinkan kemudahan dalam membaca dan memahami konten bacaan. Konten hidup pada komputer lebih menarik daripada buku teks yang memiliki gambar, warna dan animasi yang tidak hidup.

Informasi dapat disajikan dalam bentuk yang berbeda dari komputer. Informasi dapat dalam bentuk rekaman audio atau klip video, sehingga jauh lebih dari sekedar membuat siswa membaca dari layar. Hal ini juga terkait tentang sistem pembelajaran dimana mereka dapat melihat gambar, menonton video dan mendengarkan pidato atau ceramah lebih efektif, menarik dan interaktif.

Akhir-akhir dekade saat ini, muncul kekhawatiran perubahan iklim yang diakibatkan oleh penggunaan kertas sebagai media penyampaian informasi. Kertas berasal dari kayu yang umumnya didapat dari penebangan hutan. Komputer menjadi salah satu fasilitas besar yang mungkin dapat menagatasi hal ini, seperti menghemat kertas dan mengoptimalkan penyimpanan informasi. Untuk membuat penjelasan yang rumit pada sebuah topik, buku mengambil banyak halaman, sehingga memberikan kontribusi untuk jumlah yang tinggi dari penggunaan kertas. Namun berbeda dengan penggunaan komputer. Informasi dapat disimpan dalam bentuk kental dan padat pada sistem komputer, sehingga menghemat kertas dan lingkungan! Kapasitas penyimpanan yang tinggi dari perangkat elektronik ini dapat dimanfaatkan untuk gudang informasi. Perangkat memori elektronik ini bisa dihapus dan dapat digunakan berulang kali. Ini meminimalkan redundansi kertas.

Mengajar komputer dapat menanamkan gagasan tentang self-studi pada siswa. Hal ini dapat membantu mereka menjadi mandiri. Mengajar Komputer memperkenalkan siswa ke dunia pengetahuan baru, membuat jalan untuk teknologi baru untuk menjadi bagian dari pendidikan mereka.

Dalam pandangan saya, komputer dapat menjadi bantuan yang brilian untuk mengajar. Sudah saatnya kita memanfaatkan teknologi untuk pendidikan, tetapi buku-buku pelajaran tidak pernah bisa lepas dari kegiatan ini. Harta yang terlampir dalam buku teks masih dari utilitas besar. Menyimpan informasi dalam buku teks memang menjadi bagian dari pengajaran. Hal ini disebabkan karena buku merupakan media pematenan sumber informasi yang kita baca karena jika tercatat dalam sebuah buku maka referensi tersebut telah memiliki kekuatan hukum yang tetap. Komputer dapat menggantikan buku pelajaran sampai batas tertentu. Tetapi komponen manusia tidak memiliki subsitusi terbatas. Dalam setiap bentuk mengajar, guru tak dapat digantikan oleh bentuk teknologi apapun. Ini jelas, karena guru memiliki emosi yang dapat mendekatkan para siswa dengan apa yang sedang mereka pelajari.

Maka jadikanlah diri kita sendiri sebagai media pengajaran !!!


Manali Oak - Author in www.buzzle.com

Previous
Next Post »

3 comments

  1. Assalaamu 'alaikum. Niy WeBlog punya bapak sp yo? Punya pak Harry Kurniadi kah? Lun M. Atho'illah yg KKN d Jejangkit Muara pak ai. Hehehe... :)

    ReplyDelete
  2. Buku lebih utama, iya klo pak? Klo kda2 bukunya, atau blm bisa beli bukunya, biasanya ru cari e-book komputernya. Hehehe...

    ReplyDelete
  3. Wa'alaikumusalam Wr.Wb.
    Iya, ini dari SDN Jejangkit Muara 2,
    Iyakah,, mudahan sukses hja lah PKL nya... Aamiin... :D

    ReplyDelete

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.