PETUNJUK PENYUSUNAN BUTIR SOAL

March 27, 2010
Dalam pembuatan soal, kita harus menaati dan memperhatikan kaedah pembuatan soal itu sendiri. Apabila kita salah dalam membuat soal maka kita akan sulit mengukur kemampuan mereka, baik kemampuan kognitif, afeltif, maupn pesikomotor mereka. Dibawah ini beberapa aturan pembuatan butir soal :









1. SOAL HARUS SESUAI INDIKATOR

Indikator : Siswa dapat menentukan contoh peristiwa yang menunjukkan sifat air dalam kehidupan sehari-hari.

Soal : Berikut ini yang bukan merupakan sifat air adalah ….

a. menekan ke segala arah

b. dapat melarutkan berbagai zat

c. menyusut bila dipanaskan

d. permukaanya selalu datar

Soal : Berikut ini merupakan salah satu peristiwa yang menunjukkan sifat air dalam kehidupan sehari-hari adalah ….

a. air yang direbus secara terus menerus akan menyusut

b. permukaan air laut yang bergelombang selalu datar

c. air hujan mengalir dari atap rumah ke tanah dan ke selokan

d. air sungai mengalir dari tempat rendah ke tempat yang tinggi

Ket (c) : Soal pertama tidak sesuai dengan indikator, sebab indikatornya adalah mengukur kemampuan menentukan contoh peristiwa yang menunjukkan sifat air, sedangkan soal menanyakan tentang sifat air.


2. PILIHAN JAWABAN HARUS HOMOGEN DAN LOGIS


Soal : Sebuah pensil dimasukkan ke dalam gelas berisi air sehingga pensil terlihat patah (lihat) gambar. Hal ini terjadi karena ….

a. pembiasan cahaya

b. perambatan cahaya

c. penguraian cahaya

d. penguapan air

Soal : Sebuah pensil di masukkan ke dalam gelas berisi air maka pensil terlihat patah (lihat gambar). Hal ini terjadi karena adanya ….

a. pembiasan cahaya

b. perambatan cahaya

c. penguraian cahaya

d. pemantulan cahaya

Ket (a) : Pilihan jawaban tidak homogen dan tidak logis karena penguapan air bukanlah suatu peristiwa yang berhubungan dengan sifat-sifat cahaya. Akibatnya kemungkinan siswa memilih jawaban (d) akan sangat kecil sehingga sebagai pengecoh tidak berfungsi


3. SETIAP SOAL HARUS MEMPUNYAI 1 JAWABAN YANG PALING BENAR

Soal : Salah satu usaha untuk melestarikan tanah adalah dengan cara ….

a. membersihkan tanaman yang tumbuh di atasnya

b. membuat trasering pada tanah yang datar dan gundul

c. mengadakan reboisasi pada tanah yang tandus

d. memberikan pupuk pada tanah dalam dosis yang tepat

Soal : Salah satu usaha untuk melestarikan tanah adalah dengan cara ….

a. membersihkan tanaman yang tumbuh di atasnya

b. membuat trasering pada tanah yang datar dan gundul

c. mengadakan reboisasi pada tanah yang tandus

d. memberikan pupuk pada tanah dalam dosis yang banyak

Ket (c/d) :

Soal di atas kurang baik karena terdapat dua jawaban yang benar, yaitu c dan d sehingga sebagian siswa memilih (c) dan siswa lain memilih jawaban (d). Hal ini akan merugikan sebagian siswa karena kunci jawaban seharusnya hanya satu




4. POKOK SOAL HARUS DIRUMUSKAN SECARA JELAS DAN TEGAS

Soal : Perhatikan gambar berikut ini !

Sifat balon yaitu ….

a. memuai bila dipanaskan

b. menekan ke segala arah

c. menempati seluruh ruangan

d. dapat berubah wujud

Soal : Perhatikan gambar berikut ini !

Mengapa balon menggelembung setelah air dalam bejana dipanaskan ?

a. Udara dalam balon memuai karena panas

b. Udara dalam balon menekan ke segala arah

c. Air dalam bejana menguap dan masuk ke balon

d. Balon memuai karena adanya udara panas

Keterangan :Pokok soal kurang jelas karena tidak

ada penjelasan mengenai proses yang terjadi pada gambar




5.
RUMUSAN POKOK SOAL DAN PILIHAN JAWABAN MERUPAKAN PERNYATAAN YANG DIPERLUKAN SAJA

Soal : Sumber daya alam dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui. Kelompok sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain ….

a. minyak tanah, timah, dan marmer

b. tanah, hewan ternak, dan udara

c. pasir, tumbuhan, dan air

d. air, tanah, dan batu

Soal : Kelompok sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui antara laian ….

a. minyak tanah, timah, dan marmer

b. tanah, hewan ternak, dan udara

c. pasir, tumbuhan, dan air

d. air, tanah, dan batu

Ket (a) : Kalimat pertama pada pokok soal merupakan pernyataan yang tidak diperlukan. Hal ini akan menyita waktu yang disediakan



6. POKOK SOAL JANGAN MEMBERI PETUNJUK KE ARAH JAWABAN YANG BENAR

Soal : Fungsi darah yang berhubungan dengan pencernaan

makanan adalah ….

a. membunuh kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh

b. memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak

c. mengedarkan zat-zat makan ke seluruh tubuh

d. mengatur suhu tubuh secara teratur

Soal : Fungsi darah yang berhubungan dengan sistem

pencernaan adalah …. ….

a. membunuh kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh

b. memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak

c. mengedarkan zat-zat makan ke seluruh tubuh

d. mengatur suhu tubuh secara teratur

Ket (c) :Kata makanan di dalam pokok soal akan memberikan

petunjuk ke arah jawaban. Siswa yang tidak menguasai materipun akan mudah menemukan jawaban yang benar


7. POKOK SOAL JANGAN MENGANDUNG PERNYATAAN YANG BERSIFAT NEGATIF GANDA

Soal : Sumber daya alam berikut ini yang tidak dapat diperbarui,

kecuali ….

a. tembaga b. minyak bumi

c. tanah d. batu bara

Soal : Sumber daya alam berikut ini yang tidak dapat diperbarui,

adalah ….

a. udara b. minyak bumi

c. tanah d. air

Ket (c) : Ada dua kata negatif, seperti : bukan, tidak, tanpa, dan kecuali pada pokok soal dapat membingungkan siswa. Siswa akan berpikir terlalu lama untuk memahami masalah pada soal karena adanya pernyataan negatif ganda. Hal tersebut dapat mengurangi validitas/reliabilitas dari skor yang dihasilkan. Siswa melakukan kesalahan dalam menjawab karena tidak mengerti kalimat soal, bukan karena tidak menguasai materi yang ditanyakan


8. PANJANG RUMUSAN PILIHAN JAWAAN HARUS RELATIF SAMA

Soal : Faktor-faktor yang diperlukan dalam fotosintesis adalah ….

a. karbon dioksida dan air

b. klorofil dan karbondioksida

c. cahaya dan klorofil

d. karbon dioksida, air, klorofil, dan cahaya matahari

Soal : Faktor-faktor yang diperlukan dalam fotosintesis adalah ….

a. karbon dioksida, oksigen, dan air

b. klorofil, air, karbohidrat dan karbon dioksida

c. cahaya, karbohidrat, oksigen, dan klorofil

d. karbon dioksida, air, klorofil, dan cahaya

Ket (c) : Panjang pilihan jawaban pada soal pertama relatif tidak sama. Pilihan jawaban (d) terdiri atas empat faktor, sedangkan pilihan yang lain hanya dua faktor. Muid yang tidak tahu jawabannya cenderung memilih pilihan jawaban yang paling panjang karena jawaban tersebut diperkirakan merupakan jawaban yang paling lengkap


9. PILIHAN JAWABAN JANGAN MENGANDUNG PERNYATAAN “ SEMUA PILIHAN

JAWABAN DI ATAS SALAH ATAU SEMUA PILIHAN JAWABAN DI ATAS BENAR “

Soal : Hidangan yang telah disediakan oleh ibu untuk makan siang adalah nasi, ikan, pisang, dan susu. Agar menu makanan tersebut memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna, hidangan tersebut perlu ditambah ….

        1. tahu bacem
        2. telur dadar
        3. ayam goreng
        4. semua pilihan jawaban di atas salah

Soal : Hidangan yang telah disediakan oleh ibu untuk makan siang adalah nasi, ikan, pisang, dan susu. Agar menu makanan tersebut memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna, hidangan tersebut perlu ditambah ….

        1. tahu bacem
        2. telur dadar
        3. ayam goreng
        4. sayur bayam

Ket (d) : Soal pilihan jawaban terakhir menggunakan pernyataan “ semua pilihan jawaban di atas salah atau semua pilihan jawaban di atas benar “ kurang baik karena jumlah pilihan jawaban yang perlu dipertimbangkan berkuang satu. Dengan demikian, kemungkinan siswa menebak jawaban benar semakin benar.

Pada contoh di atas, apabila kunci jawaban (d), kita tidak memperoleh informasi apakah siswa mengetahui jawaban (d) pasti dipilih setelah diketahui lebih dari satu jawaban.



10. PILIHAN JAWABAN YANG BERBENTUK ANGKA ATAU WAKTU HARUS DISUSUN BERDASARKAN URUTAN BESAR KECILNYA NILAI ANGKA ATAU KRONOLOGIS WAKTUNYA

Soal : Bumi beredar mengelilingi matahari dalam satu kali putaran diperlukan waktu selama ….

a. 365 hari

b. 365 ¼ hari

c. 366 hari

d. 365 ½ hari

Soal : Bumi beredar mengelilingi matahari dalam satu kali putaran diperlukan waktu selama ….

a. 365 hari

b. 365 ¼ hari

c. 365 ½ hari

d. 366 hari

Ket (b) : Pilihan jawaban yang tidak terurut dari angka dengan nilai besar ke angka dengan nilai kecil atau sebaliknya akan menyita waktu lebih banyak untuk membaca dan mencermatinya.



GAMBAR, GRAFIK, TABEL, DIAGRAM, DAN SEJENISNYA YANG TERDAPAT PADA SOAL HARUS JELAS DAN BERFUNGSI


Soal : Diagram berikut ini menggambarkan proses fotosintesis. Zat-zat yang dibtuhkan dalam proses fotosintesis adalah ….

a. CO2 dan O2

        1. CO2 dan air
        2. CO2 dan cahaya

d. O2 dan cahaya

Soal : Perhatikan diagram yang menggambarkan proses pada tumbuhan berikut ini ! Zat-zat yang dierlukan tumbuhan pada proses tersebut adalah ….

a. CO2 dan O2

        1. CO2 dan air
        2. CO2 dan cahaya
        3. O2 dan cahaya

Ket (b) : Gambar pada soal pertama tidak berfungsi, karena tanpa gambarpun siswa dapat menjawab pertanyaan tersebut.



12. BUTIR SOAL JANGAN BERGANTUNG PADA JAWABAN SOAL SEBELUMNYA

Soal : Zat yang diperlukan untuk proses pembakaran adalah ….

        1. karbon dioksida
        2. oksigen
        3. nitrogen
        4. hidrogen

Soal : Berapa % zat yang merupakan jawaban soal di atas terdapat di sekitar kita ?

        1. 10 %
        2. 20 %
        3. 25 %
        4. 50 %

Ket (b) : Soal di atas dapat merugikan siswa. Siswa yang tidak bisa menjawab dengan benar soal nomor (1) pasti akan menjawab salah pada soal nomor (2) padahal mungkin saja jawaban itu benar ditinjau dari jawaban salah pada nomor sebelumnya. Oleh karena itu, soal nomor (2) harus diperbaiki sehingga menjadi soal yang berdiri sendiri




13. SETIAP SOAL HARUS MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA YANG SESUAI DENGAN KAIDAH BAHASA INDOESIA

Soal : Tanaman pisang alat reproduksinya adalah ….

  1. umbi batang
  2. tunas
  3. biji
  4. akar rimpang

Soal : Alat perkembangbiakan tanaman pisang adalah ….

  1. umbi batang
  2. tunas
  3. biji
  4. akar rimpang

Ket (b) : Penulisan soal tersebut kurang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dan penggunaan kata “ reproduksi “ kurang komunikatif untuk siswa tingkat sekolah dasar



14. JANGAN MENGGUNAKAN BAHASA YANG BERLAKU SETEMPAT JIKA SOAL AKAN DIGUNAKAN UNTUK DAERAH LAIN ATAU NASIONAL

Soal : Tanaman gedang berkembang biak dengan ….

  1. tunas
  2. akar tinggal
  3. umbi batang
  4. biji

Soal : Tanaman pisang berkembang biak dengan ….

  1. tunas
  2. akar tinggal
  3. umbi batang
  4. biji

Ket (a) : Kata “ gedang “ berasal dari daerah Jawa Tengah yang berarti pisang sehingga kunci jawabannya adalah (a). Sementara, jika soal tersebut diberikan kepada siswa yang berasal dari Jawa Barat, arti kata gedang berbeda. Dalam bahasa sunda gedang berarti pepaya sehingga kunci jawabannya adalah (d). Soal seperti ini tidak dapat digunakan untuk di luar Jawa Tengah ataupun nasional.




15. PILIHAN JAWABAN JANGAN MENGULANG KATA/FRASE YANG BUKAN MERUPAKAN SATU KESATUAN PENGERTIAN, LETAKKAN KATA/FRASE TERSEBUT PADA POKOK SOAL

Soal : Orang yang sedang berolahraga, lama kelamaan nafasnya akan terengah-engah. Hal ini disebabkan ….

  1. tubuh membutuhkan makanan
  2. tubuh membutuhkan oksigen
  3. tubuh membutuhkan energi
  4. tubuh membutuhkan cairan

Soal : Orang yang sedang berolahraga, lama kelamaan nafasnya akan terengah-engah. Hal ini disebabkan tubuh membutuhkan ….

  1. makanan
  2. oksigen
  3. energi
  4. cairan

Ket (b) : Pada pilihan jawaban a, b, c, dan d terdapat pengulangan kata “ tubuh membutuhkan “ pengulangan kata tersebut dapat dipindahkan ke pokok soal saja.



catatan : untuk versi power point, silahkan Anda download DISINI

Resource : Oleh : TIM ISTRUKTUR PMPTK
Disampaikan dalam kegiatan Bimbingan Tekhnis Guru Bidang Studi IPA SD Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Selatan.



ADMIN,
HARY VAN JAVA
PGSD BANJARMASIN ( DII-S1 )
SEMESTER IV


TENTANG SAYA, SILAHKAN KLIK DISINI




Previous
Next Post »

1 comment

  1. saya inova ingin mendownload butir petunjuk penyusunan soal, darap dikirimkan ke alamat sweet_chocotiramisu@yahoo.com
    Terimakasih..

    ReplyDelete

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.