Joyce dan Weil (1980,1992) dalam bukunya Models of Teaching menggolongkan model-model pembelajaran ke dalam empat rumpun. Keempat rumpun model pembelajaran tersebut adalah: (1) rumpun model pembelajaran Pemrosesan Informasi, (2) rumpun model pembelajaran Personal, (3) rumpun model pembelajaran Sosial, dan (4) rumpun model pembelajaran Perilaku.
sumber gambar : kahlilstt.blogsome.com
1. Rumpun model-modelPemrosesan Informasi
Model-model pembelajaran dalam rumpun Pemrosesan Informasi bertitik tolak dari prinsip- prinsip pengolahan informasi, yaitu yang merujuk pada cara-cara bagaimana manusia menangani rangsangan dari lingkungan, mengorganisasi data, mengenali masalah, menyusun konsep, memecahkan masalah, dan menggunakan simbol-simbol. Beberapa model pembelajaran dalam rumpun ini berhubungan dengan kemampuan pebelajar (peserta didik) untuk memecahkan masalah, dengan demikian peserta didik dalam belajar menekankan pada berpikir produktif. Sedangkan beberapa model pembelajaran lainnya berhubungan dengan kemampuan intelektual secara umum, dan sebagian lagi menekankan pada konsep dan informasi yang berasal dari disiplin ilmu secara akademis.
Jenis model-model pembelajaran yang termasuk ke dalam rumpun pemrosesan informasi ini adalah seperti tertera pada tabel 3.1.
Pembelajaran Rumpun Pemrosesan Informasi
diposting pada kesempatan lain !
No. | Nama Model Pembelajaran | Tokoh | Misi/tujuan/manfaat |
1 | Hilda Taba | Ditujukan secara khusus untuk pembentukan kemampuan berpikir induktif yang banyak diperlukan dalam kegiatan akademik meskipun diperlukan juga untuk kehidupan pada umumnya. Model ini memiliki keunggulan melatihkan kemampuan menganalisis informasi dan membangun konsep yang berhubungan dengan kecakapan berpikir. | |
2. | Jerome Bruner, Goodnow, dan | Dirancang terutama untuk pembentukan kemampuan berpikir induktif, peserta didik dilatih mempelajari konsep secara efektif. | |
3 | Richard Suchman | Sama dengan model berpikir induktif, model ini ditujukan untuk pembentukan kemampuan berpikir induktif yang banyak diperlukan dalam kegiatan akademik meskipun diperlukan juga untuk kehidupan pada umumnya. | |
4 | Jean Piaget, Irving Sigel, Edmun Sullivan, dan Kohlberg | Dirancang terutama untuk pembentukan kemampuan berpikir/pengembangan intelektual pada umumnya, khususnya berpikir logis, meskipun demikian kemampuan ini dapat diterapkan pada kehidupan sosial dan pengembangan moral. | |
5 | David Ausubel | Dirancang untuk meningkatkan kemampuan mengolah informasi melalui penyajian materi beragam (ceramah, membaca, dan media lainnya) dan menghubungkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang telah ada. | |
6 | Pressley, Levin, Delaney | Strategi belajar untuk mengingat dan mengasimilasi informasi. |
(Sumber: Bruce Joyce dan Marsha Weil, 1980 dan Bruce Joyce, Marsha Weil,
dan Beverly Showers, 1992, 1996: Models of Teaching)
Jenis-jenis model pembelajaran pribadi seperti tercantum pada tabel 3.2.
No. | Nama Model Pembelajaran | Tokoh | Misi/tujuan/manfaat |
1 | Carl Rogers | Penekanan pada pembentukan kemampuan belajar sendiri untuk mencapai pemahaman dan penemuan diri sendiri sehingga terbentuk konsep diri. Model ini menekankan pada hubungan guru-peserta didik. | |
2. | Fritz Perls William Schutz | Pembentukan kemampuan menjajagi dan menyadari pemahaman diri sendiri. | |
3 | William Gordon | Pengembangan individu dalam hal kreativitas dan pemecahan masalah kreatif. | |
4 | David Hunt | Didisain untuk meningkatkan kompleksitas pribadi dan fleksibilitas. | |
5 | William Glasser | Pengembangan pemahaman diri dan tanggungjawab pada diri sendiri dan kelompok sosial lainnya. |
(Sumberi Bruce Joyce dan Marha Weil, 1980, Models of Teaching, )
3. Rumpun model-model Interaksi Sosial
Jenis-jenis model pembelajaran rumpun Interaksi Sosial adalah seperti dalam tabel 3.3. berikut ini.
No. | Nama Model Pembelajaran | Tokoh | Misi/tujuan |
1 | Herbert Thelen John Dewey | Mengembangkan keterampilanketerampilan untuk berperan dalam kelompok yang menekankan keterampilan komunikasi interpersonal dan keterampilan inkuari ilmiah. Aspek-aspek pengembangan pribadi merupakan hal yang penting dari model ini. | |
2. | Byron Massialas Benjamin Cox | Pemecahan masalah sosial, utamanya melalui inkuari ilmiah dan penalaran logis. | |
3 | National Training Laboratory Donald Oliver James P.Shaver | Pengembangan keterampilan interpersonal dan kerja kelompok untuk mencapai, kesadaran, dan fleksibilitas pribadi. Didisain utama untuk melatih kemampuan mengolah informasi dan menyelesaikan isu kemasyarakatan dengan kerangka acuan atau cara berpikir Jurisprudensial (ilmu tentang Hokum-hukum manusia). | |
4 | Fannie Shaftel George Shafted | Didisain untuk mengajak peserta didik dalam menyelidiki nilai-nilai pribadi dan sosial melalui tingkah laku mereka sendiri dan nilai-nilai yang menjadi sumber dari penyelidikan itu | |
5 | Sarene Boocock, | Didisain untuk membantu pengalaman peserta didik melalui proses sosial dan realitas dan untuk menilai reaksi mereka terhadap proses-proses sosial tersebut, juga untuk memperoleh konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan pengambilan keputusan. |
(Sumber: Bruce Joyce dan Marha Weil, 1980, Models of Teaching)
Semua model pembelajaran rumpun ini didasarkan pada suatu pengetahuan yang mengacu pada teori perilaku, teori belajar, teori belajar sosial, modifikasi perilaku, atau perilaku terapi. Model-model pembelajaran rumpun ini mementingkan penciptaan lingkungan belajar yang memungkinkan manipulasi penguatan perilaku secara efektif sehingga terbentuk pola perilaku yang dikehendaki. Adapun jenis-jenis model pembelajaran perilaku seperti pada tabel 3.4.
No. | Nama Model | Tokoh | Misi/tujuan |
1 | Contingency Management (manajemen dari akibat / hasil perlakuan) | B.F. Skinner | Fakta-fakta, konsep-konsep dan Keterampilan |
2 | Self Conrol | B.F. Skinner | Perilaku sosial/ keterampilan-keterampilan |
3 | Relaksasi | Rimm & Masters Wolpe | Tujuan-tujuan pribadi |
4 | Stress Reduction (pengurangan stres) | Rimm & Masters | Cara relaksasi untuk mengatasi kecemasan dalam situasi sosial |
5 | Assertive Training (Latihan berekspresi) | Wolpe, lazarus, Salter | Menyatakan perasaan secara langsung dan spontan dalam situasi sosial |
6 | Desensititation | Wolpe | Pola-pola perilaku, keterampilan–keterampilan |
7 | Gagne Smith & Smith |
(Sumber: Bruce Joyce dan Marha Weil, 1980, Models of Teaching)
Sumber Utama artikel : BINTEK IPA KALSEL 2010 oleh Widyaiswara BANDUNG
0 Komentar
Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.