Ini adalah strategi yang sederhana, efektif dari anak usia dini melalui semua fase-fase berikutnya untuk pendidikan tersier dan seterusnya. Ini adalah struktur yang sangat serbaguna, yang telah diadaptasi dan digunakan, dalam beberapa cara tanpa henti. Ini adalah salah satu batu fondasi bagi pengembangan 'kooperasi kelas. "
TUJUAN
Memproses informasi, komunikasi, pengembangan berpikir.
RELEVANSI SKILLS
Berbagi informasi, mendengarkan, mengajukan pertanyaan, meringkas 'ide-ide, parafrase orang lain.
LANGKAH
- Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
- Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
- Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
- Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
- Berawal dari kegiatan tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diuangkapkan para siswa
- Guru memberi kesimpulan
- Penutup
P I E S
Para siswa dapat belajar antara satu sama lain
Individual accountability
Siswa bertanggung jawab untuk berbagi ide. Siswa mungkin juga akan diminta untuk berbagi ide-ide pasangan pasangan lain atau seluruh kelompok.
Equal participation
Setiap siswa dalam kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk berbagi. Ada kemungkinan bahwa seorang siswa dapat mencoba untuk mendominasi. Guru dapat memeriksa hal ini tidak terjadi.
Simultaneous interaction
APLIKASI MODEL :
* Sebelum pelajaran atau topik untuk mengarahkan kelas (pengetahuan sebelumnya dll).
* Selama model atau penjelasan guru.
* Setiap kali, untuk memeriksa pemahaman materi.
* Pada akhir penjelasan seorang guru, demonstrasi dll, untuk memungkinkan siswa untuk proses kognitif materi.
* Untuk membubarkan masa yang panjang kegiatan yang berkelanjutan.
* Setiap kali akan membantu untuk berbagi ide.
* Untuk klarifikasi instruksi, aturan permainan, pekerjaan rumah dll
* Untuk awal diskusi.
Think, Pair, Share dapat digunakan dalam semua bidang kurikulum dan hanya dibatasi oleh kreativitas guru. Struktur ini bersama dengan Numbered Heads Together adalah pengganti yang sangat baik yang biasanya struktur kompetitif dalam sesi tanya jawab.
COMMENTS
Ini adalah untuk memperkenalkan struktur penting dalam proses awal pendirian 'kooperasi kelas. "Ini menjamin tingkat keterlibatan yang tinggi (sulit untuk dibiarkan keluar dari sepasang!) Dan lebih aman daripada kelompok besar.
Think, Pair, Share memiliki banyak keuntungan dibandingkan struktur pertanyaan tradisional. 'Pikirkan Sisa' menggabungkan konsep penting 'menunggu waktu'. Hal ini memungkinkan semua anak untuk mengembangkan jawaban. Lebih panjang dan lebih rumit dapat diberikan jawaban. Jawaban akan mempunyai alasan-alasan dan pembenaran karena mereka telah berpikir tentang dan dibahas. Siswa lebih bersedia mengambil risiko dan memberi ide karena mereka telah 'diuji' mereka dengan pasangan mereka.
ADMIN,
HARY VAN JAVA
PGSD BANJARMASIN ( DII-S1 )
SEMESTER IV
TENTANG SAYA, SILAHKAN KLIK DISINI
0 Komentar
Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.