Penjumlahan Tanpa harus Menyimpan - MATEKIL Bag. 1

March 25, 2012

Halo ... Ketemu lagi ama OM, kali ini panggil az saya OM, ( OM-Pantul ) . Om-Pantul mau bikin posting baru nih, namanya "MATEKIL" - (Matematika itu Kecil)..11111 . .
Dah lama banget ga posting, Om lagi di sibukkan ama aktivitas kepegawaian yang semakin hari semakin tambah banyak aza tuntutannya, maklum gaji OM 20 juta / bulan yang baru gol II/b,,, Kalo ga ngerti, tanya bapamu dulu ya.. ..

Langsung saja, kali ini OM-Pantul akan men-share dari sebuah website luar negeri yang penulisnya mungkin udah pada kenal semua, Edward H. Julius. Seorang tokoh yang sering membuat kejutan-kejutan dalam trik berhitung matematika. Nah sekarang, ada yang berbaik hati men-translate-kannya kedalam bahasa manusia, Bahasa Indonesia... )))0. Untuk yang pertama adalah trik penjumlahan dulu, dari yang paling gampang. Berhitung pada umunya sering membingungkan kita, namun pak Edward membuatnya mudah. Nah, bagaimana caranya, Yuk kita simak penjelasan dari trasnlaterisasinya berikut ini :

Penjumlahan Tanpa Harus Menyimpan :
Nah, kamu tahu kan , selama untuk menjumlahkan apabila lebih dari angka 10, maka puluhannya disimpan di depannya, kemudian di jumlahkan kembali. Kata Pak Edward, begini cara yang mudahnya :




Trik ini bisa saja diterapkan pada angka yang berjumlah ratusan, namun adakalanya kamu harus menyimpan pada penjumlahan akhir, namun tidak sesering yang dilakukan pada cara yang biasanya. Cara hanya dengan menggeser satu kolom kekiri , begitu juga untuk ribuan, mengernya kekiri lagi satu kali, Nah, begitulah caranya "Penjumlahan tanpa harus menyimpan", Sekarang cobalah dengan menggunakan Angka Angka yang lain ya... Sampai jumpa lagi di pertemuan selanjutnya...

TTD.. OM-Pantul

Previous
Next Post »

1 comment

  1. ok juga cara belajarnya boleh dicoba untuk anak2

    ReplyDelete

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.