Sistem peralatan pembelajaran SEQIP dirancang untuk sekolah dasar dan terdiri dari tiga bagian :
1. Kit Murid (KM) untuk percobaan yang dilaksanakan oleh siswa sendiri dalam kelompok-kelompok kecil.
2. Kit Guru (KG) untuk peragaan dan percobaan yang umumnya dilakukan oleh guru dan siswa.
3. Buku panduan untuk percobaan-percobaan yang dirakit sendiri (Buku Percobaan IPA) dengan menggunakan barang atau bahan yang ditemukan dilingkungan tempat tinggal siswa.
Sistem peralatan adalah satu diantara enam komponen SEQIP untuk meningkatkan mutu pembelajaran IPA. Keenam komponen tersebut, yaitu sistem pelatihan, bantuan profesional bagi guru, sistem peralatan pemeliharaan dan perbaikan, pengembangan bahan tertulis, dan sistem monitoring dan evaluasi, diimplementasikan secara simultan untuk mencapai perbaikan yang berarti pada proses dan hasil pembelajaran siswa.
Peralatan dan percobaan dikembangkan berdasarkan proses pembelajaran tertentu. Ini berarti bahwa proses pembelajaranlah yang menentukan sarana pembelajaran dan bukan sebaliknya. Percobaan pada umumnya tidak mendominasi proses belajar mengajar. Peralatan dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Langkah-langkah pembelajaran Media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP)
Pada bagian ini diberikan informasi tentang cara guru membelajarkan siswa mengenai konsep yang bersangkutan. Di dalamnya tercakup paparan tentang :
- Bagaimana memulai pembelajaran (pengenalan masalah/topik penbelajaran)
- Bagaimana membuat siswa mengerti langkah demi langkah tentang konsep yang dipelajarinya (paparan tentang penerapan yang tepat dari metode pembelajaran tertentu atau kombinasi metode)
- Penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari
- Kesimpulan/ringkasan
- Saran untuk pekerjaan rumah
Paparan tentang langkah-langkah kegiatan juga mencakup diagnosa, gambar, tabel dan sebagainya. Rangkaian informasi dalam kotak yang disertai gambar tangan yang menulis merupakan materi yang harus ditulis oleh guru di papan tulis. Informasi ini misalnya :
a. Petunjuk pengamatan terhadap percobaan
b. Ringkasan hasil dari apa yang diamati siswa atau hasil pembahasan dengan siswa sebelumnya
c. Kesimpulan yang ditemukan oleh siswa
d. Informasi penting yang diberikan oleh guru tentang topik tertentu
e. Gambar-gambar yang membantu untuk menjelaskan dan mengerti suatu masalah.
f. Ringkasan topik tertentu
Semua informasi ini perlu dibuat oleh guru di papan tulis selama pembelajaran. Para siswa akan menyalin teks dan informasi ini ke dalam buku tulis mereka. Dengan kata lain, bahan-bahan tersebut menjadi sumber yang berguna bagi mereka untuk menanggulangi pelajaran dan mengingat hal-hal utama dari topik tertentu. (Depdiknas, 2002).
Dari berbagai uraian di atas dapat disimpulkan media SEQIP adalah suatu alat peraga untuk mempermudah pembelajaran IPA sehingga menimbulkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
0 Komentar
Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.