Permainan di sekolah dasar bisa dikatakan sebagai jiwanya sebuah pembelajaran di dalam kelas. Tanpa adanya permainan dalam kegiatan belajar mengajar, maka akan terasa sangat membosankan, sehingga akan terjadi hambatan terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Permaianan dapat dilakukan ketika dan sedang terjadi proses pembelajaran, namun dapat juga di gunakan sebagai pencair suasana, maksudnya disini adalah permainan yang dilakukan akan mampu merupah motivasi dan semangat siswa yang tadinya tegang atau suntuk menjadi kembali bersemangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran .
Berikut ini dijelaskan berbagai bentuk permainan dalam suatu latihan yang dapat dipakai oleh para fasilitator sebagai media untuk pencairan suasana. Sebaiknya, sebelum permainan tersebut digunakan, fasilitator hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tentang tujuan pencairan suasana dan asas/prasyarat yang mendasari suatu pelatihan.
TUJUAN PENCAIRAN SUASANA :
1. Terciptanya suasana interaksi yang hangat, akrab dan saling terbuka diantara sesame peserta dan antara peserta dengan fasilitator sehingga memungkinkan berlangsungnya kegiatan yang partisipatif.
2. Terjalinnya proses persahabatan dan persaudaraan antara sesame peserta yang berasal dari berbagai latar belakang yang berlainan.
3. Menciptakan suasana yang membantu peserta untuk saling membuka diri dan saling memahami, sehingga mempermudah proses interaksi antar sesama peserta pada acara-acara berikutnya.
4. Peserta memahami dan bersedia melaksanakan beberapa asas yang menjadi prasyarat pokok pelaksanaan latihan ini.
ASAS DAN PRASYARAT PELAKSANAAN PELATIHAN :
PERSAMAAN : Semua orang (peserta, fasilitator, panitia atau siapa saja), selama berada dalam kelas latihan adalah berkedudukan sama dengan yang lainnya (tidak ada perbedaan status : setiap orang sama/sederajat dengan dirinya, dan sebaliknya bersedia diperlakukan sama oleh orang lain).
PERAN SERTA : Semua orang tanpa kecuali, harus melibatkan dirinya secara penuh dalam latihan. Keterlibatan ini tidak hanya aspek fisik dan pikiran, tetapi juga aspek perasaan. Karena latihan ini pada dasarnya bukan sekedar proses pengalihan informasi dan ilmu pengetahuan tertentu yang berkaitan dengan aktifitas pikiran, tapi juga sekaligus proses penguasaan keterampilan teknis tertentu yang berkaitan dengan aktifitas fisik, disamping juga sebagai proses penyadaran dan pemahaman nilai dan perilaku tertentu yang berkaitan dengan aktivitas psikis (emosi dan mental).
SPONTANITAS : Kedua asas tersebut diatas (persamaan dan peranserta) pada akhirnya menuntut spntanitas setiap orang, yakni sikap dan perilaku yang menampilkan keberadaan diri sendiri menurut apa adanya (tidak dibuat-buat), tanggap, sigap, teliti, kritis dan terbuka (siap dan sedia memberi umpan dan menerima umpan balik).
Kemudian ,fasilitator / guru menjelaskan aturan permainannya
Dibawah ini adalah salah satu contoh bentuk permainannya :
Judul Permaianan : Kumpulan Angka
Bentuk : Kelompok ( 4 Orang atau Lebih )
Jumlah : Seluruh Siswa
Waktu : 10 Menit
Bahan : Kartu Angka ( 1 sampai 100 ) dan kapur tulis
Orientasi : Berfikir cepat dan koordinasi
Kategori : 9 tahun ke atas
Tata cara permainan :
- Buat garis dilantai berbentuk persegi dengan menggunakan kapur tulis.
- Letakkan kumpulan kartu yang bertuliskan angka 1 sampai 100 tadi secara acak kedalam area persegi tersebut.
- Tiap kelompok yang beranggotakan 4 orang anak berdiri saling berhadapan disisi kiri dan kanan garis persegi tersebut.
- Mulai permainan ini dengan memberi soal-soal matematika yang angka jawabannya ada didalam tumpukkan kartu.
- Kelompok yang pertama kali berhasil menemukan angka dari jawaban soal tersebut, dinyatakan sebagai pemenang.
Peraturan untuk disampaikan kepada siswa : Susunan jawaban dari angka boleh terdiri dari beberapa katu atau lebih, contoh :
Misalnya jawaban dari soal yang disampaiakan oleh guru ternyata adalah terdiri dari 3 angka yaitu : 237, maka siswa boleh mencari kartu yang hanya berangka 2, 3, dan 7, atau siswa juga boleh mencari kartu bernomor 23 dan 7 atau kartu 2 dan kartu 37, demikian seterusnya untuk angka-angka dari penyusun jawaban yang diberikan oleh guru.
Manfaat : Dilihat dari bentuk dan struktur cara permainan ini, permainan ini hanyalah permainan sangat sederhana, namun sangat membantu sekali dalam prose kecepatan berpikir dan berhitung siswa. Permainan juga ini sangat membantu anak untuk berfikir cepat dalam menghitung angka-angka. Mengorganisasikan kelompoknya sesuai tugasnya untuk mencari masing-masing angka, serta komunikasi dalam penemuan angka serta perhitungan jawaban yang tepat dan cepat.
Jika anda ingin mendownload bentuk permainan lain dalam bentuk .word maka klik link dibawah ini :
DOWNLOAD>
Atau anda dapat mencarinya di google book:
Kumpulan Games Cerdas Dan Kreatif , Oleh Arini Yuli Astuti
ADMIN :
Harymau Auau on facebook
0 Komentar
Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.