Penyusunan KTSP

January 02, 2011

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Penyusunan KTSP berpedoman pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.

KTSP dikembangkan dengan pendekatan baru yang bersifat “grass roots approach” yaitu yang dimulai dari bawah. Untuk itu, pengembangan kurikulum dalam KTSP dilakukan di tingkat satuan pendidikan, sedangkan pusat hanya memberikan standar-standar minimal (SI : SK/KD dan SKL) yang harus dikembangkan lebih lanjut oleh daerah dan satuan pendidikan.

Karena itu, secara logis tentu akan terjadi perbedaan-perbedaan antar daerah dan antar satuan pendidikan dalam pengembangan KTSP. Setiap daerah dan sekolah tentu memiliki perbedaan karakteristik dan kondisi nyata, sehingga akan mustahil kurikulum yang dikembangkan akan sama. Adanya upaya untuk menyeragamkan KTSP di tingkat Kecamatan di sebagian daerah adalah upaya yang keliru dan bertentangan dengan prinsip pengembangan KTSP sebagai kurikulum yang berdiversifikasi yaitu kurikulum yang justru membuka peluang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan potensi yang ada yang dimiliki oleh setiap daerah dan satuan pendidikan.

Dengan KTSP yang berdiversifikasi diharapkan daerah dan sekolah dapat memunculkan keunggulan-keunggulan berbasis lokal maupun keunggulan-keunggulan global. Setiap daerah atau sekolah dapat mengidentifikasi potensi-potensi yang ada di daerah/sekolahnya untuk selanjutnya dapat dikembangkan sehingga menghasilkan keunggulan sekolah. Kedepannya, setiap sekolah akan memiliki keunggulan-keunggulan yang bervariasi. Ini juga akan memudahkan pemetaan sekolah berdasarkan prestasi dan potensi dari setiap sekolah oleh departemen pendidikan maupun oleh dinas pendidikan.


Berikut adalah bagian- bagian dari KTSP dan Penyusunannya :

LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN KTSP
1. Pembentukan Tim Penyusun KTSP
Tim penyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan SD terdiri atas:

(1) Kepala Sekolah (ketua merangkap anggota).
(2) Guru (anggota).
(3) Konselor sekolah (anggota).
(4) Komite sekolah (anggota)
(5) Ahli pendidikan (nara sumber).
(6) Dinas Pendidikan (Melakukan Koordinasi dan Supervisi).

2. Melakukan Koordinasi
Koordinasi perlu dilakukan kepala sekolah yang merencanakan akan menyusun KTSP. Kegiatan koordinasi sekurang-kurangnya menyangkut dua kegiatan sebagai berikut:
a. Melakukan koordinasi mengenai rencana penyusunan KTSP dengana dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
b. Menghubungi ahli pendidikan setempat untuk diminta bantuannya sebagai nara sumber dalam kegiatan penyusunan KTSP.

3. Melakukan Analisis Konteks (SWOT)
Analisis kontek merupakan kegiatan yang mengawali penyusunan KTSP. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam rapat kerja atau lokakarya yang diikuti oleh Tim Penyusun KTSP. Kegiatan menganalisis konteks mencakup dua hal pokok, yaitu sebagai berikut:
a. Analisis potensi dan kekuatan/kelemahan yang ada di sekolah:
• peserta didik
• pendidik dan tenaga kependidikan
• sarana prasarana
• biaya
• program-program yang ada di sekolah.
b. Analisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar:
• komite sekolah
• dewan pendidikan
• dinas pendidikan
• asosiasi profesi
• dunia industri dan dunia kerja
• sumber daya alam dan sosial budaya
c. Mengidentifikasi standar isi dan standar kompetensi lulusan sebagai acuan dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

4. Penyiapan dan Penyusunan Draf
Setelah Tim Penyusun KTSP memahami potensi dan kekuatan/kelemahan sekolahnya, serta peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungannya, tibalah saatnya Tim mulai bekerja menyiapkan dan menyusun draf KTSP. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dalam suatu rapat kerja atau lokakarya yang dihadiri oleh seluruh Tim Penyusun KTSP.

5. Review dan Revisi Draf
Langkah ini ditujukan untuk meminta masukan dari berbagai elemen setelah draf secara keseluruhan selesai dibuat untuk selanjutnya dilakukan revisi sesuai dengan masukan-masukan yang diterima.

6. Finalisasi Draf
Setelah dilakukan revisi terhadap draf KTSP, maka langkah selanjutnya adalah memfinalkan draf tersebut.

7. Pemberlakuan KTSP
Dokumen KTSP SD dinyatakan berlaku oleh kepala sekolah serta diketahui oleh komite sekolah dan dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab di bidang pendidikan. Khusus bagi sekoah swasta yang berada di bawah yayasan, dokumen final KTSP juga turut diketahui oleh Ketua Yayasan.


Ada beberapa perubahan yang diinginkan dalam KTSP saat implementasinya dalam pembelajaran di kelas, yaitu :

a. Menggunakan pendekatan pembelajaran yang menerapkan PAKEM.

b. Merubah pola pembelajaran dari Teacher Center menjadi Student Center, dimana yang menjadi pusat pembelajaran tidak lagi guru melainkan siswa. Guru diharapkan merancang pembelajaran yang dapat menjadikan siswa belajar secara lebih aktif, tidak hanya sekedar menerima transformasi ilmu. Guru hendaknya lebih berperan sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa yang belajar.

c. Merubah pembelajaran dari books oriented menjadi competence oriented. Artinya pembelajaran hendaknya memberikan sebanyak mungkin pengalaman belajar kepada siswa, bukan hanya mempelajari satu buku halaman per halaman. Siswa diharapkan mampu mencari informasi dari berbagai sumber, baik dari buku, Koran, majalah, televise, radio, computer/internet, dll. Guru hendaknya menciptakan suasana pembelajaran yang menantang siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya dengan memberi tugas mencari informasi melalui kotan dan majalah melalui kegiatan membuat kliping tentang suatu materi tertentu, atau menugaskan siswa mencari data di internet tentang materi pelajaran tertentu dan kemudian mempresentasikannya di depan kelas.

d. Sangat dituntut agar guru menggunakan pendekatan CTL (Contektual Teaching and Learning) dalam pembelajaran sehingga siswa akan lebih dekat dengan materi yang sedang diajarkan.

e. Kelas awal yaitu kelas I, II, dan III menggunakan pendekatan tematik sedangkan pendekatan mata pelajaran di kelas IV, V, dan VI.

Isi / Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp)


KTSP DOKUMEN 1

BAB I . Pendahuluan
Latar Belakang (dasar pemikiran penyusunan KTSP)
Tujuan Pengembangan KTSP
Prinsip Pengembangan KTSP
BAB II . Tujuan Pendidikan
A. Tujuan Pendidikan (Disesuaikan dengan jenjang satuan pendidikan)
B. Visi Sekolah---->>>
Visi Sekolah/madrasah :
  • Dijadikan sebagai cita-cita bersama warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang;
  • Mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan
  • Dirumuskan berdasar masukan dari berbagai warga sekolah/madrasah dan pihak-pihak yang berkepentingan, selaras dengan visi institusi di atasnya serta visi pendidikan nasional;
  • Diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah/madrasah dengan memperhatikan masukan komite sekolah/madrasah;
  • Disosialisasikan kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan;
  • Ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai denganperkembangan dan tantangan di masyarakat.

C. Misi Sekolah
  • Misi sekolah/madrasah:
  • Memberikan arah dalam mewujudkan visi sekolah madrasah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional;
  • Merupakan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu;menjadi dasar program pokok sekolah/madrasah;
  • Menekankan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan oleh sekolah/madrasah;
  • Memuat pernyataan umum dan khusus yang berkaitan dengan program sekolah/madrasah;
  • Memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembangan kegiatan satuan-satuan unit sekolah/madrasah yang terlibat; dirumuskan berdasarkan masukan dari segenap pihak yang berkepentingan termasuk komite sekolah/madrasah dan
  • Diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah/madrasah;
  • Disosialisasikan kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan;
  • Ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan tantangan di masyarakat.

D. Tujuan Sekolah
  • Menggambarkan tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (empat tahunan);
  • Mengacu pada visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan masyarakat;
  • Mengacu pada standar kompetensi lulusan yang sudah ditetapkan oleh sekolah/madrasah dan Pemerintah;
  • Mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan termasuk komite sekolah madrasah dan
  • Diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah/madrasah; disosialisasikan kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan

BAB III. Struktur dan Muatan
Kurikulum
BAB IV. Kalender Pendidikan


KTSP DOKUMEN II
A. Silabus dan RPP Dari SK/KD yang dikembangkan pusat.
B. Silabus dan RPP Dari SK/KD yang dikembangkan Sekolah (Mulok, Mapel Tambahan)

Berikut contoh KTSP, Silahkan Download disini :
(Download Contoh KTSP)

keyword for adsense: insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia.insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia. insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia. insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia.

insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia.insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia. insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia. insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia.

insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia.insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia. insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia. insurance education, insurance, education, child education, guarantees children's education, music school, business schools, universities, universities of the world, get a quality education, improving skills, teaching skills, teaching skills, educational skills, quality education, quality university, the largest university, university business school., studying abroad, scholarship outside, American scholarship, scholarship europe, european schools, universities europe, colleges, college new york, college Australia.


Previous
Next Post »
0 Komentar

Harap jangan berkomentar yang bersifat spam, yang berbau sara, kata-kata kotor, atau yang bersifat nada keras atau komentar Anda akan kami HAPUS.